Senin, 10 September 2012

Essay.

1. Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja

Jawaban: 
- Jumlah Penduduk adalah banyaknya orang yang mendiami suatu wilayah negara.
- Tenaga Kerja adalah penduduk yang berumur antara 15 tahun ke atas untuk negara - negara berkembang seperti di Indonesia.
- Angkatan Kerja adalah penduduk dalam usia kerja (15 tahun ke atas), yang bekerja maupun tidak bekerja.
- Kesempatan Kerja adalah tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja yang membutuhkan pekerjaan.

Hubungannya: Semakin banyak jumlah penduduk, semakin banyak angkatan kerja di negara tersebut. Semakin banyak angkatan kerja dan tenaga kerja, semakin banyak juga lowongan pekerjaan yang mereka butuhkan. Jika dalam suatu negara kesempatan kerja sedikit, maka tingkat pengangguran dalam satu negara itu pun makin tinggi.

2. Mengapa pengangguran bisa terjadi

Jawaban:
- Tingkat pendidikan rendah.
- Kemampuan tidak mencukupi.
- Jumlah angkatan kerja banyak, sedangkan kesempatan kerja sedikit.
- Kurangnya lapangan pekerjaan.

3. Bagaimana menurutmu cara yang paling tepat mengatasi pengangguran di Indonesia

Jawaban:
- Menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak.
- Mengadakan pelatihan tenaga kerja sebagai perisiapan untuk berkarir.
- Meningkatkan mobilitas tenaga kerja dan modal yang ada.
- Mendirikan industri yang bersifat padat karya.

4. Bagaimana menurutmu tentang system Outsoursing di Indonesia

Jawaban: 
Dengan menggunakan tenaga kerja outsourcing, perusahaan tidak perlu repot menyediakan fasilitas maupun tunjangan makan, hingga asuransi kesehatan. Sebab, yang bertanggung jawab adalah perusahaan outsourcing itu sendiri.

5. Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia

Jawaban:
Keberhasilan
Tidak dapat dipungkiri, pemerintah Orde Baru cukup berhasil dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi (rata-rata 7% pada kurun waktu awal 1990-an hingga pertengahan 1990-an), sehingga Indonesia pernah dikategorikan sebagai “Macan Asia” oleh Bank Dunia. Hal itu mungkin menjadi prestasi tertinggi terakhir yang diperoleh Indonesia pada pemerintahan Orde Baru.
Kegagalan:
- Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) adalah kegagalan terbesar dalam pembangunan Indonesia, mulai dari pemerintahan masa Orde Baru hingga saat ini. KKN mengakibatkan dunia bisnis dihadapakan pada “biaya-biaya siluman” dari pungutan tak resmi, yang menyebabkan proses produksi tidak efisien dan harga menjadi mahal. KKN juga menyebabkan rendahnya profesionalisme dan wibawa para pejabat negara dan mengakibatkan penegakan hukum amat sulit diterapkan di Indonesia.

6. Perbedaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi

Jawaban:
- Keduanya menekankan PDB. Namun, pertumbuhan ekonomi hanya menekankan kenaikan PDB tanpa membandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk. Sedangkan dalam pembangunan ekonomi, disebut ada kenaikan jika laju kenaikan PDB melebihi kenaikan pertumbuhan penduduk.
- Pertumbuhan ekonomi hanya melihat kenaikan tanpa melihat akibat atau perbaikan kondisi yang ada. Sedangkan pembangunan ekonomi tidak hanya melihat pertumbuhan secara fisik.

7. Sebuah kasus pembangunan berwawasan lingkungan / tidak

Jawaban:
Contoh pembangunan ekonomi yang tidak berwawasan lingkungan adalah pembangunan dalam bidang industri (pabrik-pabrik) semakin banyak limbah yang diproduksi dari pabrik tersebut, maka semakin banyak kerusakan yang ditimbulkan. Contohnya, susahnya air bersih di sekitar lingkungan pabrik, tercemarnya air sungai di sekitar pabrik, bahan-bahan kimia yang bisa menggangu kesehatan manusia, dll.

8. Profil wirausahawan yang akan dikunjungi oleh kelompokmu

Jawaban: 
Belum wawancara ._.

sumber: http://www.gajimu.com/main/tips-karir/untung-rugi-sistem-201coutsourcing201dhttp://www.gajimu.com/main/tips-karir/untung-rugi-sistem-201coutsourcing201, dan buku paket ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar